Bab i pendahuluan robot line follower

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang  
          Perkembangan teknologi telah maju dengan pesat dalam perkembangan dunia elektronika, khususnya dunia mikroelektronika. Penemuan silikon menyebabkan bidang ini mampu memberikan sumbangan yang amat berharga bagi perkembangan teknologi modern.

          Pembahasan khusus dalam hal dinamika robot sangat menjanjikan dalam perolehan kontribusi keilmuan. Tujuan utama dalam dinamika robot adalah untuk mendapatkan desain kontrol yang kokoh (robust) yang mampu meredam gangguan dengan baik.
Masih banyak struktur-struktur robot yang kompleks belum dikaji secara mendalam model dinamiknya, oleh karena rumitnya persoalan pemodelan matematik sistem robotik, sifat fisik alami  dan lingkungan.

          Dilihat dari struktur dan fungsi fisiknya ( pendekatan visual) robot terdiri dari dua bagian, yaitu non-mobile robot dan mobile robot. Kombinasi keduanya dapat menghasilkan kelompok kombinasi konvensional (mobile dan non-mobile) dan kelompok non konvensional. Kelompok pertama sengaja diberi nama konvensional karena nama yang sudah umum, seperti mobile manipulator, climbing robot (robot pemanjat), walking robot (misal : bi-ped robot) dan nama-nama lain yang sudah populer. Sedangkan kelompok non-konvensional dapat berupa robot humanoid, animaloid, extra-ordinary, atau segala bentuk inovasi penyerupaan yang bisa dilakukan. Robot bawah air dan robot terbang lebih banyak dikembangkan sebagai peralatan untuk membantu penelitian yang berkaitan dan untuk proyek pertahanan atau mesin perang.

          Mobile robot adalah tipe robot yang paling populer dalam penelitian dunia robotik. Mobile robot sering menjadi daya tarik, tidak hanya bagi kalangan peneliti, tapi juga bagi kalangan awam. Dari segi manfaat, penelitian tentang berbagai tipe mobile robot diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, ekplorasi tanpa awak dan banyak lagi.

        Line Follower Robot (Robot Pengikut Garis) adalah robot yang dapat berjalan mengikuti sebuah lintasan, ada yang menyebutnya dengan Line Tracker,Line Tracer Robot dan sebagainya. Garis yang dimaksud adalah garis berwarna hitam diatas permukaan berwarna putih atau sebaliknya, ada juga lintasan dengan warna lain dengan permukaan yang kontras dengan warna garisnya. Ada juga garis yang tak terlihat yang digunakan sebagai lintasan robot, misalnya medan magnet.
         Berdasarkan dari penjelasan di atas, penulis ingin mempelajari lebih jauh lagi mengenai pengontrolan dan teknik desain robotik dengan mengambil judul penelitian “ PEMBUATAN MODEL ROBOT LINE FOLLOWER ”

1.2 Perumusan Masalah 
Setelah melihat latar belakang diatas maka diambillah rumusan-rumusan sebagai berikut : 
   1.Bagaimana sistem kerja dari model robot Line Follower ? 
   2.Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dihasilkan dari model robot Line Follower? 
1.3 Ruang Lingkup
   Penulis hanya membatasi ruang lingkup penelitian pada kinerja suatu model robot Line Follower yang dapat berjalan dengan garis hitam.

1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian 

1.4.1  Tujuan Penelitian 
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :

         a.    Tujuan Operasional
Tujuan operasional merupakan keinginan penulis untuk mencari tahu apakah dapat membuat Model  Robot Line Follower.

         b.    Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional penelitian untuk diperoleh suatu rancangan dan implementasi sebuah robot Line Follower sekaligus melakukan pengamatan untuk mengetahui cara kerja serta kekurangan dan kelebihannya. 

         c .Tujuan Individual  
Tujuan individual dari penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gelar strata satu ( S1 ) dan tercapainya kepuasan batin dari penulis.

1.4.2  Manfaat Penelitian
Manfaat atau kegunaan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.   Penulis berharap pembuatan model robot Line Follower ini bisa diterapkan pada industri sebagai perangkat pembantu pekerjaan manusia, tentunya setelah dilakukan pengembangan yang lebih baik dan juga bisa digunakan pada dunia pendidikan sebagai bahan perbandingan maupun referensi.

2.    Bisa digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu kebijakan dan terobosan-terobosan baru dalam dunia teknik informatika maupun elektronika bagi masyarakat pada umumnya dan bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang robotika pada khususnya.

1.5  Metodologi Penelitian 
Dalam perancangan penelitian ini penulis  menggunakan beberapa metode penelitian, yaitu sebagai berikut :

a.    Metode Kepustakaan  Dengan menggunakan metode ini penulis mencari bahan yang berhubungan dengan mikrokontroller, serial port, elektronika, bahasa assembler dan buku lain yang mendukung penelitian ini.

b.    Metode Eksperimen Dengan menggunakan metode ini penulis langsung melakukan percobaan atau praktek perakitan model robot Line Follower.

c.     Metode Wawancara Dengan menggunakan metode ini penulis melakukan wawancara dengan responden yang mengerti benar tentang masalah pengontrolan, rangkaian elektronika dan yang mengenai bahasa pemrograman assembler.

1.6  Sistematika Penulis 

BAB I PENDAHULUAN 
    Bab ini berisi tentang latar belakang penelitian , perumusan masalah, ruang lingkup, manfaat dan tujuan dari penelitian , metodologi penelitian dan sistematika penulisan. 

BAB II LANDASAN TEORI

    Dalam bab ini penulis membahas tentang sejarah robotika, sejarah mikrokontrol, konsep mikrokontrol, jenis mikrokontrol, kinematika dan pergerakan robot.serta menjelaskan tentang dasar-dasar teori yang berhubungan dengan pembuatan model robot Line Follower.

BAB III DESAIN SISTEM
    Bab ini menjelaskan tentang penjelasan dan perancangan robot, cara kerja rangkaian blok perblok dan cara kerja alat secara keseluruhan. 

BAB IV HASIL DAN UJI COBA
     Bab ini berisi tentang uji coba alat dan analisa dari uji coba tersebut.

BAB V PENUTUP
     Bab ini berisi tentang kesimpulan yang dapat diambil dari Skripsi ini dan saran-saran yang bisa diberikan guna kesempurnaan pengembangan berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN






0 komentar:

Post a Comment